donotstop…

Coba deh bayangin kalo lo lagi mengandung padahal udah punya 19 anak. Ehh tiba-tiba lahirlah anak ke-20 *JENG JENG* *musik lebay sinetron indonesia* Lahirnya prematur. Lalu lu ngebesarin dia, dan saat umur 4 tahun, dia kena infantile paralysis (gw terjemahin di google translate artinya “kelumpuhan kanak-kanak -_-“) yang disebabkan sama virus polio sehingga dia lumpuh. Jalannya musti pake tongkat dan kakinya musti dipasangin penyangga besi. Terus tetangga-tetangga lo pada bliang,'”Tuh anak kayanya nyusahin ye mpok.” Apakah lo akan berpikir untuk ngebunuh dia? Kalo iya #abaikanhashtagselanjutnya #lojahat #hatilodipakegasih dan berarti lo baru aja ngebunuh Wilma Rudolph.

Waktu umur 9 tahun, dia mencoba jalan tanpa tongkat dan jatoh berkali-kali. Dia ga berhenti berusaha, sampe akhirnya dia bisa berjalan sejauh 8 kilometer buat ngunjungin kerabatnya. Suatu hari, dia ikut lomba lari jarak pendek, tapi dia mencapai garis finish paling akhir. Wilma ikut lebih banyak lomba beberapa tahun kemudian, tapi dia selalu yang terakhir. Tapi begitu penyangga besinya dilepas, dia larinya makin cepet.Hingga pada suatu hari, Wilma berhasil nyampe garis finish paling pertama dan selalu menang di lomba-lomba selanjutnya.

Medali-medalinya:
Women’s athletics
Emas 1960 Rome
Emas 1960 Rome
Emas 1960 Rome
Perunggu 1956 Melbourne

Wow… Yang dulunya lumpuh, akhirnya dia bisa dapet medali emas! Kenapa? Karena dia ga mau berhenti berusaha Walaupun tetangga-tetangganya menganggap dia nyusahin, dia ga jadi kecil hati. Di kegagalan-kagagalan pertamanya pun, dia ga menyalahkan orang lain atas semua itu. Biasanya kan kalo kita gagal, kita suka nyalahin orang, misalnya, kita ngomong”Gw gagal karena gw bukannya didukung malah dikucilin!” dan lain sebagainya. Padahal, faktor utama dari kegagalan atau keberhasilan itu asalnya dari diri kita sendiri, bukan dari orang lain. Ibaratnya rumah. Kalo pondasinya kuat, angin kenceng pun ga mampu ngehancurin rumah itu. Jadi, kita harus kuat, percaya diri dan berpendirian teguh. Dengan begitu, lo akan lebih pantang menyerah dalem berusaha.
Lo juga kudu ga menanggapi kegagalan lo secara lebai. Cuma dapet nilai jelek doang ga usah sampe nangis seharian apalagi sampe nyantet guru. *itusih lebai banget ya* Tapi gw cuma pengen bilang, lo boleh nangis, tapi inget, kegagalan itu bukan buat ditangisin, melainkan buat dijadikan pelajaran hidup. Dan juga jangan jadi negative thinking. “Udahlah, gw emang ga bisa…” “Pasti gw bakal gagal lagi.” Jangan seperti itu, nak. Hidup lo masih panjang dan rintangan-rintangan dalem hidup juga makin banyak dan makin susah. Kalo di rintangan pertama aja lo udah nyerah, waaaahh… Itu membuktikan kalo lo lemah. Lo gamau kan kalo dicap lemah sama orang-orang sekitar lo? Lo coba deh ambil hikmah dari hidupnya si Wilma Rudolph.
Akhir kata, kalo lo udah berhasil, jangan sombong, tapi berteriaklah dengan lantang, “NYAK, BABEH, AYE LULUS!”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s