lifeee

Kata orang, cuma ikan mati yang ngikutin arus.

Pilihannya sekarang adalah:

a) lo mau jadi ikan mati        b) lo mau jadi ikan hidup         c) lo mau hidup bersama gua tugederforever

Lah oke, abaikan pillihan yang c. Kalo pilih yang b, lanjut baca post gua ini. Kalo pilih yang a, tetep lanjut baca biar gua ga sia-sia udah ngetik panjang-panjang.

Kalo mau jadi ikan hidup, tentu lo akan melawan arus. Penyu-penyu yang di Finding Nemo aja pada lawan arus, masa lo engga? Masa lo tetep mau ikutin arus dan hidup tanpa pendirian? Yang lebih parah, masa lo mau kalah sama penyu di film kartun?? Mau jadi orang berhasil ga?

Tadi pagi ada satu guru, yang bisa dibilang agak strict lah, tapi tadi dia masuk kelas dengan sumringah, ga ngebahas pelajaran dan malah nyuruh murid-murid sekelas untuk nulis cita-cita, temanya adalah “Kamu mau jadi apa 10 tahun mendatang.”

Nah coba sekarang lo tulis, lo mau jadi apa 10 tahun mendatang. Memang sedikit konvensional, tapi coba deh tulis di kertas. Sekarang. NOOOWWWW!

 

 

Gua lanjut cerita ya, pastikan lo udah kelar nulis.

Akhirnya kita nulis. Awalnya gua bingung mau tulis apa, tapi setelah gua bengong sambil ngitungin kipas angin udah berapa kali muter, akhirnya gw dapet ide. Pertama-tama gua nulis tentang pendidikan, lalu kuliah dimana, kerja dimana, mau nikah sama cowo yang gimana dsb. Tadinya buat penutup, gua pengen bilang, gua mau dikubur di taman makam pahlawan. Impian macam apa itu. Akhirnya gua ga tulis.

Kertas-kertas berisi cita-cita gua dan temen-temen gua itupun dikumpulkan.

Lalu guru gua lanjut ngomong. 3 dari 100 orang menjadi sukses karena mereka menuliskan cita-cita mereka dengan jelas. Dan yang pasti, mereka bertekun dengan apa yang mereka cita-citakan itu. Lo juga harus begitu, kemanapun arus membawa lo, lo harus tetap teguh.

Lo harus bisa lawan arus, walaupun lo gabisa melawan siklus. Siklus hidup. Hidup pasti ada jatuh bangunnya, tapi lo ga boleh menyerah. Semakin deras arus, justru harus membuat lo jadi semakin kuat, semakin kuat, semakin semangat.

Dan lo akan tiba di situ. Situ mana? Choose your own destination 🙂

Kopiraaaaittttt,

Listy

Leave a Reply

