Gossip

Beberapa hari lalu, gue, Linsy sama Reno makan bareng Ka Livia sama Ka Arnold di sutei. Mungkin semacem farewell dinner gitu kali ya karena Ka Liv udah mau balik ke Korea. Meja kita ada di pojokan dan ada semacem partisi kayu yang misahin meja kita sama meja sebelah. Awalnya kita asik-asik aja makannya, ngobrol-ngobrol. Lama-lama satu per satu dari kita notice pembicaraan cewek-cewek di meja sebelah. Ga bermaksud nguping, tapi mereka ngobrol super heboh dan super kenceng. Akhirnya kita tau kalo mereka lagi gosipin orang, bahkan kita tau orang yang lagi mereka omongin itu namanya Puput (segitunya kedengerennya loh haha.) Terus kita ngejadiin obrolan mereka sebagai lucu-lucuan. Kita ikutan ngomongin si “Puput” kita juga ga kenal asal usulnya dan siapa sepupu tetangga kakek emak dari bapaknya. Lama-lama kita annoyed juga dengerin mereka ngomongin si Puput. Dari situ gue narik kesimpulan.

1. Gossiping makes you look uneducated

I’m not sure uneducated itu kata yang tepat ato engga, tapi kira-kira gitu lah. Ada yang bilang: orang bijak membicarakan rencana-rencana, orang pinter membicarakan hal-hal yang terjadi, dan orang bodoh membicarakan orang lain. Lagipula walaupun lo sekedar baca-baca koran ato majalah pasti banyak kok topik seru yang bisa diobrolin. Why gossipping?

2. Gossiping makes enemies.

Jujur aja sih, gue kadang-kadang juga suka ngegosip karena itu bisa jadi “acara” seru buat gue dan temen-temen gue, bahkan bisa mempererat persahabatan. Setidaknya gue berpikir kaya gitu sampe akhirnya gue melihat kok orang-orang di sekitar jadi menjauh. Ya itu masih mending. Worst part-nya ketika lo saling ngomongin temen sendiri. Orang yang suka ngomongin orang lain punya kemungkinan ngomongin temen sendiri. Aduh, cape deeeehh…

3. Gossiping makes people don’t trust you

Ini sih udah jelas. Berbagi rahasia ke ember bocor?

 

Ya segitu ajasih. Gue nulis juga sambil introspeksi diri, karena gue sendiri suka gosip, tapi gue jadi sadar gossiping isn’t healthy at all. Ngomongin orang ga masalah. Tapi inget, ada perbedaan mendasar antara acara berita dan infotainment. Yang mana yang lebih berguna? You decide;)

Leave a Reply

