Selamat Jalan, Kawan…

Pagi ini gue berangkat ke kantor seperti biasa, menunaikan tugas gue sebagai anak PKL. Menjelang siang, Epo ngasih kabar yang bener-bener bikin gue kaget, Dennis meninggal. Siapa Dennis sampe gue khusus-khusus ceritain disini?

Awal gue ketemu dia itu pas MOS kelas 10. Gue dan dia sama-sama telat, jadilah kita duduk di barisan paling belakang. Mungkin karena belum saling kenal, akhirnya kita diem-dieman aja gitu. Pas pembagian kelas, ternyata gue sekelas sama dia dan pas pembagian tempat duduk, ternyata gue duduk sama dia, jadilah kita mulai ngobrol, lama-lama jadi deket dan kita bersahabat. Pokoknya segala kegalauan gue, gue ceritain ke dia, begitu juga sebaliknya. Pernah tuh pas gue galaaau banget sama cowo gue, dia gambar orang senyum di tangannya pake bolpen trus bilang “don’t be sad, Ty.” Itu memorable banget entah kenapa.

Menjelang kelas 11, kita udah ga begitu deket, palingan kita main voli bareng depan kelas, itupun gue jarang banget gabung. Sempet tuh gue ada masalah di rumah, dia dengerin curhat gue, tapi cuma gitu doang. Di kelas 11 ini ada tour ke Bangkok – Singapore – Bali. Pas tour ini nih dia curhat tentang gebetannya, dari situ kita mulai deket lagi.

Tanggal 10 April, gue mendapat kabar kalo guru gue meninggal. Besoknya langsung dikubur. Karena pemakaman di Bogor dan acaranya sampe sore jadilah gue baru sampe Jakarta itu malem dan ga ada yang jemput. Dari Bogor ke Jakarta sih bisa nebeng temen yang bawa mobil. Tapi untuk ke rumah, gue ga ada yang jemput. Jadilah dia bela-belain nganterin gue. Dan karena kita naik motor dan cuma ada 1 helm, kita musti muter dulu ke rumahnya buat ambil helm. Disitu gue ketemu nyokapnya dan gaenak banget malem-malem repotin anak orang. Tapi untung nyokapnya juga ramah banget. Pas nyampe rumah, giliran nyokap gue yang ga enak sama si Dennis. Mau ngasih buah tangan, tapi di kulkas cuma ada Pulpy. Jadilah dia dikasih Pulpy dengan embel-embel terima kasih yang banyak banget dari nyokap gue.

Kenangan-kenanganl lainnya, dia selalu minjemin Mac nya buat dipake foto-foto, trus langsung diupload padahal ga ada satupun fotonya dia, cuma cewe-cewe seangkatan yang pada narsis. Gue suka nanyi-nyanyi bareng dia, waktu itu hampir mau bikin cover I Won’t Give Up-nya Jason Mraz tapi ga jadi:((( Dia pernah bikin poci-poci di Dufan jadi wahana maut gara-gara dia muter kenceng banget dan gue langsung pengen… Hoeeaak. Dia pernah khusus-khusus nyamperin gue buat minjemin SLR. Kok kerjaan gue minjem mulu ya hahaha. Buat yang ga kenal sama Dennis, intinya ini anak baik banget.

Dan masih banyak lagi kenangan yang gabisa gue sebutin satu-satu, tapi ga ada satupun di antara kenangan yang ga gue sebutin, yang ga berarti buat gue. Kenangan sesederhana apapun bersama sahabat, akan jadi ga ternilai. Terlebih hari ini Sang Sahabat telah berpulang, semuanya terasa begitu indah karena tidak akan terulang. Dan kata nyokap gue Den, lu begitu baik sampe-sampe nyokap gue merasa lu udah kaya anaknya sendiri, gitu katanya. Ngomong-ngomong nyokap, gue tadi ketemu nyokap lu dan dia inget sama gue, keren Den keren hahaha. Trus gue juga ketemu kaka lu si Stara Anna, cantik Den kaka lu. Akhirnya kesampean juga ketemu dia setelah selama ini gue cuma liat kartu namanya hahaha.

Den, serius gue ga kuat tadi ngeliat tubuh lu terbaring kaku di dalem peti. Screw you sopir bus yang nabrak Dennis pas dia mau berangkat PKL sekitar jam 9 pagi tadi. Tapi tadi kece kok pake kemeja sama dasi gitu, lu kan ga pernah dandan, Den. Pernah kan lu mau ngedate aja pake konsultasi sama gue mau pake kemeja, kaos ato polo, sampe khusus-khusus lu fotoin satu-satu trus send picture via bbm hahaha. Puas-puasin ya di surga makan nasi goreng sama main voli tiap hari. Adem kan Den disana? Ntar kalo gue udah nyusul lu kudu siapin Mac lu biar kita bisa cover lagu, oke?

Sama seperti pas pertama kali kita ketemu, lu diem aja kaya batu, begitu pula pertemuan terakhir kita, lu juga diem aja sama sekali ga gerak… Jagain kita-kita terus ya Den dari sana. Ntar pas graduation lu mampir aja, lu mah enak udah pasti lulus haha. Selamat jalan Dennis Matthew Pedro, semoga Tuhan merangkulmu selalu di sisi-Nya ( 2 Juli 1994-13 September 2013).

Dennis Matthew Pedro

Leave a Reply

