Sunat Usus

Minggu lalu gue kehilangan satu bagian tubuh gue. Don’t worry, I still can type and walk so I still have my hands and feet with me to be sure. Coba tebak. Tebak. Ya ya ya. Sebelom blog gue berubah jadi Eat Bulaga kita sudahi saja tebak-tebakan ini oke. Bagian tubuh gue yang dicopot adalah *jeng jeng* APPENDIX!

Gue di antara sedih dan excited sih. Sedihnya, usus buntu gue udah nemenin gue selama hampir 20 tahun dan dia harus diangkut karena sudah radang akut 😦 Dan lagi, gue pemegang rekor di keluarga sebagai satu-satunya yang belom pernah boboan di kamar operasi. Excitednya karena, ya gue bakal dioperasi! Ini keren banget anjir!

FAQ: Awalnya lo ngerasa gimana Lis pas sebelom ke rumah sakit?

Ini pertanyaan penting banget nyet karena gue udah seribu satu kali jawab pertanyaan yang sama dari orang-orang yang berbeda. Ya jadi awalnya hari Senin tanggal 6 Juni 2016, which was hari pertama puasa buat umat Muslim, gue ikutan puasa. Di kelas gue meratap kelaparan dan Diesty cuma bilang, “Nanti lo rasain indahnya pas bedug Lis…” OMG ga ga ga, bedug masih terlalu lama, sobat. Tengah hari pas break kelas, dengan langkah terseret-seret, jemari gue berusaha menggapai Aqua di rak 7-eleven karena aus parah. Setelah beberapa jam, akhirnya gue juga ga kuat nahan laper. Sebelom pulang, nongkronglah gue di Bambu, makan nasi cumi. Entah mengapa, sampe malem sakit perut gue ga ilang. Pas gue pencet-pencet perut gue, sakitnya tepat banget di perut bawah sebelah kanan. Lama-lama gue berasa meriang gitu.

Karena gue perkasa, malem gue tetep paksain les. Materi hari itu adalah coding html dan tulisan coding yang panjang-panjang itu perlahan ngeblur, menyatu dengan rasa sakit gue… Kelar les gue langsung balik ke kosan, gue pijit-pijit perut gue berharap semua membaik. Kemudian gue ngerasa kok perut kanan gue kaya ada jendolan gitu, di perut kiri rasanya ngga ada. Gue berusaha berpikir positif, mungkin itu tikus mati yang belom tercerna. Gue pun tidur, berharap besok suhu badan gue turun dan sakit perut gue hilang.

Selasa, 7 Juni 2016 08.34

Rasa sakit ini semakin menjadi-jadi. Bangkit dari pembaringan terasa berat, sobat. Apakah gue mati? Apa ini surga? Kok surga bentukannya kaya kamar kosan gue? Pas ngecek hp, sinyal masih kenceng. Gue berasumsi di surga ga mungkin ada satelit, jadi kalo hp gue masih ada sinyal berarti gue masih ada di dunia yang fana ini. Oh Tuhan…

Gue tuh gini. Kalo gue sakit pas masih ada kuliah, gue palinggg anti minta nyokap jemput. Tapi berhubung ini sakitnya kaya udah ngga wajar, gue langsung telpon nyokap minta dianter ke rumah sakit. Sekitar 2 jam kemudian, bokap dan nyokap membawa gue dari kosan menuju RS Sint Carolus.

Kita ngantri dokter spesialis penyakit dalam langganan, Dokter Emon. Ga 5 menit di dalem ruangan dan perut gue dipencet-pencet, dengan raut wajah prihatin sang dokter berkata, “Saya rasa ini usus buntu, ini saya rujuk ke Dokter Wawo ya, dokter bedah.” Dan gue, yang ga terima dengan kenyataan pahit ini, langsung bilang, “Ga mungkin, Dok. Saya kalo makan ngga pernah sambil lompat-lompat!” Dokter Emon cuma ketawa dan bilang itu ngga ada hubungannya. Damn, my whole life is a lie! AAAAAAAAA!!! Rasanya gue mau kuliah kedokteran aja, pasti banyak mitos bodoh yang dikasih tau ke 5-year-old-me dan gue percaya sampe sekarang… Mama aku mau pindah jurusan!!!

Setelah ambil nomor antrian dokter bedah, gue duduk manis di depan ruangan Dokter Wawolumaja bareng nyokap gue.

FAQ lagi nih: Pas dokter bilang lo usus buntu, itu lo diperiksa pake USG apa gimana?

USG tuh yang buat orang hamil itu bukan sih… Yang nanti perutnya dikasih krim trus bayinya keliatan gerak-gerak di monitor… Duh engga pake alat-alat gitu kok. Gue cuma disuruh Dokter Wawo untuk baringan, di stetoskop-stetoskop gitu trus perut gue dipencet-pencet. Pas perut kanan bawah gue dipencet, gue teriak AAAA gitu (sumpah sakit) trus yaudah dibilang gue usus buntu. Simple banget kan.

Setelah proses pendaftaran buat rawat inap kelar, gue dianter ke kamar pasien pake kursi roda. Trus gini. Kalo leukosit gue terlalu rendah, gue musti dioperasi sore itu juga. Dan karena ada kemungkinan bakal operasi, gue ga dibolehin makan alias musti puasa Kebetulan gue udah ga makan ga minum dari pagi, jadi kalo mau langsung operasi sih bisa-bisa aja. Tapi lapernya ituloh gusti…

Setelah agak lama, suster nenteng map-map gitu trus nyamperin gue. “Leukosit kamu cukup, jadi operasinya besok ya jam 8 pagi.” Dan nasi pake ayam panggang langsung dihidangkan di depan gue. Rasanya seluruh bagian diri gue bersorak sorai dan gue melahap makanan rumah sakit tersebut dengan suka cita. “Sebelum operasi kamu harus puasa 6 jam, jadi nanti terakhir makan jam 2 pagi ya.” Okelah suster.

Rabu, 8 Juni 2016 00.12

I woke up with my mom sleeping beside me, ya, nyokap tidur di tempat tidur pasien bersama dengan pasiennya. Gile ini detik-detik terakhir gue boleh makan, gue harus makan apapun yang ada di deket gue. Kebetulan kemaren sore Satrio jenguk dan bawain roti sama biskuit banyak gitu. Kayanya itu stok makanan di rumanya buat sebulan yang dia bawa kabur ke sini. Jadilah gue melahap roti coklat sama minum air banyak banget.

Jam 5 pagi gue dibangunin buat tensi, tidur, bangun, mandi, ganti baju operasi, dan menunggu buat operasi. Dokter anestesi nyamperin gue buat nanya ini itu. “Nanti kamu biusnya bius total ya.” Gue tanya, “Biusnya gimana dok?” “Nanti disuntik…” Setelah kelar, dia pergi. Ga lama kemudian datang lah suster yang siap mengantar gue ke ruang operasi. Gue dianter juga sama nyokap, kaka, oma, sama adek gue yang hari itu ulang tahun ke-15. Wah udah gede kamu nak…

Di ruang operasi, gue disuruh ganti baju operasi. Trus gue bingung gitu karena baju putih 2-pieces yang dikasih rumah sakit yang lagi gue pake gue pikir adalah baju operasinya. Ternyata baju operasi yang beneran adalah baju one piece warna biru yang lebih ngga senonoh dari baju sebelumnya. It was a backless and buttless blue dress-__- Gue mau diapain ini ya…

Tiba-tiba, entah dari mana datangnya, nyokap berhasil masuk ke ruang tunggu operasi yang pintu masuknya harus pake fingerprint. Dengan sumringah dia memotret gue yang tersenyum lebar dengan balutan baju yang ngga senonoh itu. Astaga mak, ini anakmu perutnya mau dilobangin lho… Ini baju yang aku pake bukan toga mak… Ini bukan lagi wisuda…

Dari satu ruangan, gue dibawa ke ruangan lain yang ada jendela lebarnya. Gue terbaring pasrah di atas tempat tidur yang didorong suster. Gue mikir, apakah ini ruang operasinya… Jadi kalo operasinya (amit-amit) gagal kayanya gue tinggal dibuang keluar jendela trus mereka bakal setel lagu Go To Hell For Heaven’s Sake.

Setelah lama banget ngeliatin jendela, gue mulai bosen baringan. Akhirnya gue pun duduk dan celingak celinguk ngeliat isi ruangan. Suster di belakang gue tiba-tiba muncul, “Aduh neng jangan bangun-bangun, pantatmu itulho kemana-mana.” Trus karena gue udah bodo amat saking bosennya, gue cuma berusaha menutup bagian belakang tubuh gue dengan selimut. “Suster, saya bosen,” gue nyaut dengan muka datar. Pas gue nengok-nengok ke belakang, tiba-tiba Dokter Wawo muncul dengan wajah sumringah, kemudian menghilang lagi ke ruangan lain… Well.

Untuk menghibur gue yang bosen ini, gue pun dikenalin ke semua staff ruang bedah like bener-bener semuanya sampe gue mau nulis namanya di sini pun gue ga mampu.

Setelah semua siap, gue dibawa ke satu ruangan yang bener-bener ruang operasi. Kaya ada lampu gedenya gitu di atas gue, duh persis kaya Grey’s Anatomy deh. IYAK GUE NORAK IYAK.

Di sana para panitia pembelahan perut gue sudah siap. Dokter anestesi (yang gue lupa namanya itu) dateng dan nyuntik tangan gue. “Dok ini obat bius ya?” gue nanya biar ice breaking aja gitu. “Ya iyalah,” doi jawab. Setelah satu suntikan abis, dia suntik tangan gue sekali lagi. “Abis ini harus rajin dimakan ya,” katanya. “Hah? Apaan Dok? Indomie?” gue mulai goblok, kayanya obat biusnya udah bekerja. “Makan obat laahhhh…” Suddenly my sight turns darker, slowly. “Dok kok gelap ya? KOK MAKIN GELAP YA? Yah yah yah…”

Bangun-bangun, gue nanya suster jam berapa. Ternyata udah jam 10 dan operasi udah kelar. DAN SHIT PERUT GUE SAKIT BENER. Gue minta obat nyeri dan ternyata infus yang terpasang ke tangan gue adalah obat nyeri. Gue ga boleh nambah dosis otherwise gue bakal OD. At that moment rasanya gue gapapa mati OD. Jadi kalo ada orang nanya, “Listy yang mana ya?” “Ituloh yang kaya Whitney Houston…”

FAQ lagi dan lagi: Abis operasi lo musti makan yang lembut-lembut dong?

Boro-boro lah asu. Gue ga boleh makan dan minum sampe gue kentut! Iya, kentut. Kentut itu nandain usus lo udah mulai bekerja lagi. Denger-denger dari penjenguk pasien sebelah gue, dia pernah usus buntu dan kentutnya 2 hari kemudian. What the?

Seharian itu gue cuma nahan laper sambil baca-baca 9gag. Cairan dan obat lambung semuanya masuk ke badan gue lewat infus. Kebayang ga sih lo, sebelom operasi lo puasa, setelah operasi lo ga boleh makan… Hiks… Line gue rame bilang pada mau jenguk. Gue pikir gue bisa cukup terhibur kalo ada temen. Paling php sih Jojo lah. Doi bilang mau jalan tapi macet. Menjelang malem dia ngeline, “Gue ga boleh keluar sama bokap gue…” YA UDALAH.

Kamis, 9 Juni 2016 01.40

Gue terbangun dan cuma goler-goler di kasur berharap kentut lekas datang. Di meja kecil di samping tempat tidur gue ada biskuit, roti-roti, waffle sama cheese burger plain. Man! Gue cuma bisa meratap sambil scroll-scroll 9gag. Jam 3an lewat, perut gue bergejolak. Dengan sedikit ngeden kemudian… PRETTTTTT.

Dengan gembira gue bangunin nyokap dan bilang gue udah kentut. Gue pun ngebell suster dan dia bilang jam 5 pagi gue boleh makan havermout.

Yaudah segitu ajadeh cerita gue. Pokoknya hari-hari selanjutnya gue cuma bedrest biasa aja. Makasih yang udah jengukin. Cemi, Btari, Nita beserta adik dan nyokapnya (makasih jeruknya yaduh repot-repot), Satrio (thanks for the beautiful buckets of roses ya. Awalnya gue padahal cuma becanda pas dia tanya mau dibawain makanan apa. Trus gue bilang, gue belom bisa makan, so just bring me some flowers instead.)

Lebih-lebih lagi makasih Papa, tanpa Papa gue mana mampu bayar rumah sakit sendokir. Mama dan Linsy yang jadi tugas jaga malam wakakakak.

Yang gue dapet sih, ketika lo lagi susah, lo akan menemukan kalo hal paling berharga itu bukan materi. Bukan juga sekedar waktu. I mean, there are people who dedicate their time to have fun with you. And you will find out, the most precious thing a person can give to you is not just a time that is spent to have fun, but thoughtfulness. Buat gue saat itu sih ya kalo perhatian pasti jenguk. Tapi ngga juga. Ada orang-orang yang berhalangan jenguk and they contacted me just to ask “gimana keadaan lo sekarang?”, “perutnya masih sakit?” Keep them, for they are your family.

Leave a Reply

