My Personal Thought on “Aksi Damai 212”

Pagi ini gue sampe di kantor dan kantor sepi banget banget banget. Ya, hari ini bertepatan dengan Aksi Damai 212. Gue merasa super gabut di kantor sampe akhirnya gue izin pulang buat ngerjain makalah dan gue janji siangan gue bakal balik ke kantor lagi. Gue jalan menuju kampus di Kemanggisan dari kantor gue di Sunter untuk nemuin temen gue yang kira-kira bisa bantu. Gue liat di TV kantor, massa cukup tertib. Peserta aksi berkumpul rapi di Monas sambil dengerin ceramah. Sip, berarti aman.

Perjalanan cukup lancar sampe akhirnya gue sampai di fly over Jati Baru (deket Tanah Abang.) Jalanan ditutup, jadi gue harus rada muter. Orang-orang dengan pakaian serba putih keliatan mondar-mandir di sekitar situ. Monas – Jati Baru jaraknya 3 kilo, plis dah kenapa mereka bisa nyampe sini? Emang ceramahnya kedengeran? Tapi yaudah lah, muter dikit ngga apa-apa, toh yang nyetir si abang Gojek. Gue cuma bisa membatin, mereka mikir ngga sih, si Abang Gojek yang perjalanannya terhalang ini bisa aja saudara mereka yang seiman, yang lagi coba mencari sesuap nasi? Ah…

Singkat cerita, pas gue mau balik, hujan turun deres banget. Itu sekitar jam 12an. Gue terpaksa nungguin hujan reda, toh ngga rugi juga. Aksi Damai “katanya” kelar jam 1, jadi harusnya pas gue jalan pulang, jalanan udah lancar.

Dan, guess what? Perkiraan gue meleset! Gue pulang di bawah jam 2, lewat fly over Jati Baru lagi. Peserta aksi masih banyak di sekitar sana, walaupun ngga sepadat pas gue berangkat. Menjelang perempatan Kebon Sirih – Thamrin (deket Bank Indonesia), gue melihat pemandangan yang memilukan. Banyak massa dengan pakaian serba putih, lengkap dengan peci dan keffiyeh, melintasi Jalan M.H. Thamrin dengan motor, tanpa helm. Ada juga yang naik semacam mobil 4×4 sambil rame-rame berdiri. Padahal jelas banget di situ ada polisi. Buat gue ya, itu merupakan tindakan yang SANGAT MELECEHKAN polisi. Kan izin aksi cuma sampe jam 1. Di atas itu ya mereka harus kembali ke aturan. Mereka sadar ngga sih, polisi itu bisa aja saudara mereka yang seiman, kok tega banget ya… Di samping itu, gue liat sampah berserakan dengan parahnya. Mereka mikir ngga sih, pekerja-pekerja kebersihan yang terbeban tanggung jawab untuk beresin sampah mereka bisa aja saudara seiman mereka… Tapi gue cuma bisa membatin dalam hati.

Menjelang Tugu Tani, lalu lintas bener-bener lumpuh. Berenti. Total. Gue ngga tau itu karena lampu merah apa gimana, yang pasti batas kesabaran gue udah mentok dan akhirnya gue mundur pelan-pelan dan masuk ke Jalan Jaksa. Ya, detik itu gue sadar, pulang lewat Menteng was a huge mistake. Gue pun “membuang” diri ke arah Salemba, dan jangan tanya deh gimana dengan sabarnya gue melewati setiap sudut Menteng yang macet parah. Setiap kali ketemu macet, adaaa aja deh orang pake seragam FPI yang tiba-tiba jadi Polantas. Keren. Jempol. Top markotop.

Di tengah perjalanan, gue ngeliat ada ambulans ikut kejebak macet. Gue kembali membatin. Mereka mikir ngga sih, orang yang ada di ambulans bisa aja saudara seiman mereka yang lagi sekarat? Ah. Semakin dipikirin semakin ngilu.

Setelah perjalanan panjang tersebut, gue kembali sampai di kantor gue di Sunter. Sambil nunggu lift, gue menghempaskan diri gue ke sofa dan membatin lagi… Orang-orang itu… They’re human without humanity. Tuhan-ity sih iya kali ya. Tuhan dibela abis-abisan, tapi sesama manusia malah disusahkan. Kalo ada yang bilang, “udah bagus aksinya damai, kok masih complain aja sih lo?” Yang mikir gitu sih ter-se-rah deh ya. Kalo lo bandingin semua hal sama yang lebih buruk, kapan majunya coba.

Gue males sebenernya bikin postingan berbau agama. But, no, gue ga ngomongin soal agama tertentu. Yang gue omongin adalah “mereka.” The individuals. Maaf kalo ada salah kata. Thanks for reading!

### U P D A T E D ###

These are the individuals that I am talking about, yang aksinya SANGAT DAMAI:

 

2 thoughts on “My Personal Thought on “Aksi Damai 212”

  1. Setuju bgt sama pendapat Listy, “Tuhan dibela abis-abisan, tapi sesama manusia malah disusahkan”. Bener bgt, agama harusnya bermanfaat buat kemanusian & alam, bukan bikin macet, nambah polusi dan memberi teror atas dalih membela Tuhan, padahal aku yakin kalau Tuhan yg damai juga nggak seneng hal-hal seperti ini terjadi. Mudah-mudahan the individuals itu segera sadar deh, kemanusian lebih penting daripada gembar-gembor teriak-teriak yg manfaatnya ngga seberapa, *duhjadicurhat *maafkepanjangan *ikutankesel #wirosableng212 😀

    1. Haha ngga apa2 curhat Mas Dwiki.. Manfaatnya mungkin ngga seberapa menurut kita, tapi tentu besar buat mereka. Mereka jadi punya alasan agamais untuk bikin hari libur sendiri. Ah lagi2 agama.. capek..

Leave a Reply

